Vanguard 130 : Kandidat Kapal MRCV Angkatan Laut Singapura

16 Mei 2019

IMDEX-2019-ST-Engineering-Unveils-Vanguard-130-Multi-Role-Combatant Vanguard 130 : Kandidat Kapal MRCV Angkatan Laut Singapura

Vanguard 130 Multi-Role Combatant (all photos : Naval News)

Di IMDEX Asia 2019, ST Engineering meluncurkan tambahan terbaru untuk seri Vanguard-nya: Vanguard 130 Multi-Role Combatant.


IMDEX Asia 2019 adalah pameran pertahanan maritim internasional yang saat ini diadakan di Singapura.

Desain Vanguard 130 menggabungkan kapal kombatan permukaan penuh dengan kapal-induk: sebuah platform yang mampu meluncurkan dan berlabuh-kembali beragam sistem wahana tak berawak seperti UAV, USV, dan UUV.

Menurut perusahaan lokal ST Engineering, Vanguard 130 Multi-Role Combatant sangat cocok untuk operator kapal yang mencari efisiensi biaya yang ditingkatkan dan penyebaran kapal yang fleksibel. Ini adalah bagian dari serangkaian lima kelas Vanguard yang memberikan kemampuan multi-modal dengan satu desain. Ini memungkinkan peningkatan efisiensi biaya di seluruh platform karena kelima kelas berbagi bentuk lambung bersama yang mengurangi biaya akuisisi.

IMDEX-2019-ST-Engineering-Unveils-Vanguard-130-Multi-Role-Combatant Vanguard 130 : Kandidat Kapal MRCV Angkatan Laut Singapura


Karena desainnya yang sangat skalabel dan modular, Vanguard memungkinkan operator melakukan lebih banyak fleksibilitas dalam penyebaran kapal, termasuk ruang untuk membawa kendaraan tak berawak untuk peperangan atau operasi lainnya. Q-LARS 2.0 yang dikembangkan dan dipatenkan untuk menangani berbagai kapal kecil dan kendaraan permukaan tak berawak dapat dengan mudah disesuaikan untuk digunakan di setiap kapal seri Vanguard.

Kapal ini adalah kapal kombatan permukaan penuh karena dilengkapi dengan VLS untuk rudal permukaan ke udara, peluncur rudal anti-kapal, peluncur torpedo, peluncur decoy  serta senjata 76mm, 30mm dan 12.7mm. Kapal itu memiliki panjang 130 meter, kecepatan 28 knot dan bobot rendam 5.000 ton.

ST Engineering tidak mau mengkonfirmasi atau bahkan berkomentar tentang hal itu, namun menurut Naval News sendiri bahwa desain ini akan cocok untuk kebutuhan “MRCV” masa depan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN).

IMDEX-2019-ST-Engineering-Unveils-Vanguard-130-Multi-Role-Combatant Vanguard 130 : Kandidat Kapal MRCV Angkatan Laut Singapura


MRCV atau Multi-Role Combat Vessels yang akan datang akan menggantikan kapal Missile Corvettes Victory-class yang telah menua, yang telah melayani dengan istimewa sejak 1989. Pengiriman diharapkan dimulai dari tahun 2025, dengan pengiriman penuh diperkirakan sekitar tahun 2030. RSN belum mengeluarkan persyaratannya untuk program masa depan ini namun beberapa informasi tentang itu muncul baru-baru ini ketika MINDEF Singapura menjabarkan rencana pengadaannya di masa depan

Selain meningkatkan kemampuan, MRCV baru akan dibuat khusus untuk lean manning dan menggabungkan teknologi untuk mengotomatisasi fungsi-fungsi tertentu. Ini menghasilkan MRCV yang menggunakan lebih sedikit tenaga kerja – sekitar setengah dari ukuran yang ditemukan di fregat modern. Selain itu, ini akan menghasilkan penghematan biaya operasional hingga 10 persen, dibandingkan dengan fregat berukuran serupa.

MRCV juga akan memiliki kendaraan udara dan darat tak berawak untuk memperluas jangkauan dan fleksibilitasnya terhadap ancaman.

(NavalNews)

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *