Panglima TNI: Pulau Nipah Butuh Radar dan Kamera Pengawas

29 Juli 2019

IMG-20190727-WA0047-640x427-1 Panglima TNI: Pulau Nipah Butuh Radar dan Kamera Pengawas

Panglima TNI meninjau peralatan AIS (photo : TangOL)

Antisipasi Penyelundupan, Panglima TNI Tambah Radar Canggih di Pulau Nipah

Batam – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Tito Karnavian meninjau Pulau Nipah, Batam, Sabtu (27/7/2019) siang. Pulau terdepan yang berbatasan dengan Singapura ini akan dilengkapi radar canggih.

“Karena Pulau Nipah adalah tempat yang sangat strategis untuk mengawasi daerah perairan, khususnya Selat Malaka,” ujar Hadi Tjahjanto, dijumpai wartawan usai kegiatan di Mapolda Kepri.

Hadi meninjau perlatan-peralatan untuk mengontrol radar dan peralatan Automatic Identification Sistem (AIS) termasuk kamera pengawas.

“Saya kira ini akan menjadi bahan evaluasi di Mabes TNI, untuk memperkuat peralatan tersebut khususnya kapasitasnya. Sehingga kami mampu untuk memonitor lalu lintas kapal yang ada di sana, baik berangkat dari negara-negara lain yang hanya melintas saja, atau berangkat dari negara tetangga,” ucap Hadi.

IMG-20190727-WA0047-640x427-1 Panglima TNI: Pulau Nipah Butuh Radar dan Kamera Pengawas

Peralatan militer di Nipah (photo : Antara)

Menurutnya peralatan canggih dibutuhkan memperkuat peralatan yang ada. Seandainya ada kapal yang bisa menembus sistem AIS, setidaknya masih ada peralatan yang bisa melihat pergerakan dengan jelas.

“Kalau mereka mematikan AIS kan bisa jadi melakukan yang tidak baik. Terutama yang tidak kami harapkan adalah penyelundupan minuman keras,” katanya.

Oleh sebab itu dirinya juga mengajak Kapolri untuk ikut ke Nipah dalam wacana tugas pengamanan terkait peredaran narkoba.

Sedangkan persenjataan untuk melindungi wilayah perbatasan tersebut, Hadi menjelaskan cukup baik.

“Tapi itu (persenjataan) tidak masalah, karena kami mempermasalahkan peralatan-peralatan yang ada di sana (perlu di tambah teknologinya),” katanya lagi.

(BatamNews)

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *